Olahraga yang Baik untuk Penderita Asma

Orang yang menderita penyakit asma sering kali khawatir untuk berolahraga karena takut akan gejala asma kambuh kembali. Penderita asma yang ringan atau berat padahal tidak perlu takut untuk berolahraga. Orang yang menderita asma justru akan dapat manfaat jika melakukan olahraga yang bersifat aerobik, menurut peneliti dari University of  Sao Paulo di Brazil.

Dari hasil yang diamati para peneliti adalah hyperresponsiveness bronkial atau reaksi paru-paru ketika dihadapkan dengan stimulus kimia yang dapat menyempitkan saluran udara. Zat kimia tersebut dapat disebut histamin yang memicu terjadinya alergi dan mengukur zat dalam darah yang berhubungan dengan peradangan kemudian beberapa hari mereka dapat bebas dari gejala asma.

Olahraga yang Baik untuk Penderita Asma

 

Olahraga yang Baik untuk Penderita Asma

Obat Flek Paru Paru – Tidak ada larangan penderta asma untuk melakukan olahraga. Namun, pemilihan jenis olahraga sebaiknya harus dipertimbangkan dengan baik agar tidak dapat memicu terjadinya sesak napas kambuh. Berikut ini beberapa jenis olahraga yang aman untuk penderita asma, diantaranya :

1. Renang

Berenang dapat membuat seluruh tubuh bekerja tanpa resiko terkena cedera sendi, sehingga cocok untuk semua usia. Anda harus memilih kolam renang di dalam ruangan agar udaranya hangat dan lembab, sehingga saluran udara tidak akan mengering dan memicu terjadinya asma. Dr. Holbreich mengatakan bahwa olahraga yang ideal untuk pengidap asma adalah berenang karena bisa bernapas di udara yang lembabdan kadang hangat. Berada dalam posisi horizontal ketika berenang juga bisa membebaskan mukus atau lendir yang mengendap di dasar paru-paru. Namun anda juga perlu waspada akan kandungan klorin dalam kolam renang yang terlalu banyak dapat memicu terjadinya asma.

2. Yoga

Dalam melakukan yoga akan terjadi kontrol napas, latihan napas ini dapat mengaktifkan ruangan yang lebih besar di paru-paru. Meskipun pada umumnya berintensitas rendah, yoga mampu untuk melatih tubuh denganbaik, menenangkan pikiran dan membantu memerkuat otot anda. Pada umumnya, sebagian besar yoga dilakukan di dalam ruangan sehingga kemungkinan terjadinya serangan asma lebih kecil daripada berolahraga di luar ruangan.

3. Jalan Kaki

Udara dingin dan kering sering disebut sebagai salah satu pemicu terjadinya asma. Ini akan bermasalah bagi anda yang suka jogging dan berjalan kaiki. Namun, ada kabar baik yang menyebutkan bahwa jogging dan berjalan kaki aman dilakukan untuk penderita asma. Cara melakukan yang terbaik adalah dengan melakukannya di treadmil dalam ruangan, sehingga dapat memicu terjadinya serangan asma.

4. Bersepeda Santai

Mengayuh sepeda untuk balapan mungkin dapat menjadi sebuah pemicu penyakit asma anda kambuh, tetapi tidak akan terjadi jika mengayuh sepeda dilakukan dengan santai. Asma pada penderita akan kambuh saat bersepeda biasanya dipicu karena napas yang ngos-ngosan tidak terkontrol sehingga saluran napas mengalami kekeringan dan asma pun kambuh kembali.

5. Lari

Lari di jarak yang dekat jarang menyebabkan terjadinya asma kambuh. Namun, lari maraton seringkali pemicu terjadinya kekeringan ada saluran napas, pada saat kelelahan sehingga napas menjadi tidak terkontrol. Lari marathon bukan berarti tidak boleh dilakukan oleh penderita asma, namun jika memang hobi yang terpenting keadaanya harus terkontrol dan mendapatkan pengobatan yang diperlukan.

 6. Tenis

Olahraga yang menggunakan raket ini memungkinkan penderita asma berolahraga dengan jeda istirahat yang teratur serta dapat mudah untuk mengambil minuman. Asma kambuh terjadi bila saluran napas mengalami kekeringan karena terjadi penguapan pada saat ngos-ngosan. Untuk itu, olahraga ini dapat dilakukan penderita asma namun jangan berlebihan dan dengan jeda istirahat yang cukup.

Olahraga di atas bukan berarti berisiko rendah untuk terjadinya asma yang kambuh, namun olahraga diatas berisiko lebih rendah. Pada saat berolahraga, anda juga harus tetap membawa inhaler untuk menjaga jika tiba-tiba anda terserang asma. Jika hal ini terjadi, sebaiknya hentikan terlebih dahulu olahraga apa pun yang anda lakukan dan segera mencari bantuan medis jika anda kesulitan untuk mengendalikan asma yang anda derita.

Artikel terkait : Obat Herbal untuk Sesak Nafas Alami

Kami sarankan kepada Anda untuk mengobati masalah kesehatan paru-paru dengan obat herbal QnC Jelly Gamat. Obat ini adalah obat multikhasiat yang mampu membantu mengatasi masalah kesehatan paru-paru.

obat paru paru

Kode Produk QnC Jelly Gamat: RPQ
Harga: Rp. 155.000/btl 300ml
(pesan lebih banyak, dapat diskon)

Obat herbal QnC Jelly Gamat ini terbuat dari bahan dasar teripang/gamat emas jenis Stichopus Variegatus, teripang tersebut memiliki kemampuan untuk mencegah dan mengobati inflamasi atau peradangan, meregenerasi sel dalam tubuh, bersifat anti-bakteri, anti-virus dan anti-kanker, serta mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Sudah terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 dan memiliki label HALAL dari MUI. Untuk informasi lebih lengkap bisa Anda lihat dihalaman berikut ini, silahkan klik -> Obat Paru-paru Herbal.

BAYAR BELAKANGAN SETELAH BARANG SAMPAI
atau
JAMINAN UANG KEMBALI JIKA BARANG TIDAK SAMPAI

Post by: Obat Flek Paru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *