Bahaya Asap Rokok bagi Kesehatan

Obat Flek Paru Paru – Merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan. Kebiasaan merokok telah terbukti dapat menyebabkan penyakit berbahaya. Meskipun telah jelas bahaya dari rokok, masih banyak orang yang melakukan kebiasaan merokok. Bukan hanya orang dewasa saja, tetapi remaja yang masih bersekolah juga banyak yang sudah merokok. Dampak buruk merokok bukan hanya pada perokok saja, namun juga berdampak buruk bagi orang yang berada di sekitar orang yang sedan merokok.

Bahaya Asap Rokok bagi Kesehatan

 

Bahaya Asap Rokok bagi Kesehatan
Asap rokok yang dihirup oleh perokok memiliki kandungan partikel dan gas. Partikel pada asa rokok terdiri dari tar, nikotin, fenol, kadmium dan benzopiren. Sedangkan gas pada asap rokok terdiri dari amonia, karbon monoksida, kadbon dioksida, senyawa hidrokarbon, hirdogen siandia dan oksida nitrogen.

Asap rokok terdiri dari asap utama dan asap samping. Asap utama adalah asap rokok yang dihirup langsung oleh perokok, sedangkan asap samping adalah asap rokok yang menyebar ke udara bebas. Asap yang menyebar tersebut dapat dihirup oleh orang lain. Orang yang menghirup asap rokok di udara bebas disebut perokok pasif.
Asap rokok mempunyai kandungan hingga 4.000 bahan kimia, diantaranya yang bersifat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker) mencapai 40 jenis bahan kimia. Kandungan bahan kimia tersebutĀ  lebih banyak pada asap rokok yang dibebaskan ke udara dan dapat bertahan hingga beberapa jam dalam ruanganĀ  walau telah dimatikan rokoknya. Orang yang tidak merokok sangat dirugikan oleh asap rokok, karena asap rokok akan terhisap oleh siapa saja yang berada dekat si perokok. Beberapa penyakit yang bisa timbul pada perokok pasif antara lain :

  • Pada orang dewasa yang tidak merokok

Senantiasa menghirup asap rokok secara pasif dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terserang kanker paru-paru sebanyak 25% . Asap rokok yang dihirup berdampak buruk pada dinding pembuluh darah dan membuat darah menjadi lebih mudah untuk menggumpal. Merokok secara pasif juga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Semua ini membuat perokok pasif lebih berisiko terkena stroke dan serangan jantung. Dengan terganggunya pembuluh yang mengalirkan darah ke jantung, kinerja jantung pun berisiko terganggu dan bahkan berujung pada gagal jantung.

  • Pada ibu hamil

Wanita hamil yang dalam masa kehamilannya menghirup asap rokok berisiko lebih tinggi untuk mengalami komplikasi seperti keguguran, lahir mati, dan bayi dengan berat badan di bawah rata-rata.

  • Pada anak-anak

1. Anak-anak yang menghirup asap rokok lebih berisiko terserang kondisi seperti:
2. Asma
3. Pilek
4. Infeksi telinga dan sistem pernapasan seperti pneumonia dan bronkitis
5. Alergi
6. Meningitis
7. Sindrom kematian bayi mendadak
Bukan hanya kesehatan anak perokok pasif yang terganggu, kemampuan akademik anak juga lebih rendah dibandingkan anak yang tidak menghirup asap rokok.
Selain itu, anak-anak yang dibesarkan oleh orang tua yang merokok cenderung menjadi perokok saat mereka besar nanti. Jadilah contoh yang baik bagi anak Anda dengan berhenti merokok. Selain baik untuk kesehatan anak, berhenti merokok juga mendatangkan manfaat bagi kesehatan Anda sendiri.

Merokok juga dapat mengakibatkan berubahnya fungsi struktur paru-paru, dan fungsi paru-paru pada perokok. Berubahnya struktur paru-paru merupakan penyebab POPM ( Penyakit Obstruksi Paru-paru Menahun ) seperti asma, bronkitis kronis dan pembengkakan (emfisema) pada paru-paru.
Bahaya lain dari asap rokok dapat menyebabkan kanker paru-paru. Kandungan partikel karsinogenik yang terdapat dalam rokok dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker paru-paru. Perokok lebih berisiko terkena penyakit kanker parru-paru 10 hingga 30 kali lipat.

Itulah bahaya dari merokok dan asap rokok terhadap kesehatan paru-paru. Itu baru pada paru-paru saja, masih banyak berbagai dampak buruk dari merokok untuk kesehatan. Sayangilah tubuh anda dan orang-orang di sekitar anda dari bahaya yang akan ditimbulkan dari rokok.

Baca juga : Merokok dapat Merusak Paru Paru

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *