Struktur Paru-paru pada Manusia

Obat Flek Paru Paru¬† –¬† Paru-paru merupakan salah satu organ pada sistem pernapasan atau respirasi dan behubungan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) juga dalam sistem ekskresi. Paru-paru berfungsi sebagai organ yang menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah atau sering disebut bernapas.
Paru-paru manusia terleak di rongga dada dan tergantung di dalam tulang rusuk. Paru-paru terdiri atas dua bagian yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Di dalam paru-paru terdapat percabangan tenggorokan (bronkus) yang membentuk cabang bronkiolus. Bronkus kanan bercabang menjadi tiga bronkiolus, sedangkan yang kiri bercabang menjadi 3 bronkiolus. Ujung bronkiolus adalah kantung udara (alveolus). DI alvelus inilaah terjadi pertukaran udara.
Paru-paru terbungkus lapisan pleura yang dibedakan menjadi 2 yaitu pleura dalam dan pleura luar. Pleura dalam membungkus paru-paru, sedangkan pleura luar menutupi rongga dada dan bersebelahan dengan tulang rusuk. Diantara pleura dalam dan pleura luar terdaat rongga berisi cairan sebagai pelumas bagi paru-paru.

Sistem Pernapasan

Sistem Pernapasan

Berdasarkan gambar sistem pernapasan tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa paru-paru terdiri dari:
1. Trakea
2. Bronkus
3. Rongga pleura
4. Paru-paru kanan
5. Paru-paru kiri
6. Tulang rusuk
7. Otot intercosta
8. Diafragma

Lobus Paru-paru
Setiap paru-paru dibagi menjadi segmen anatomis dan fungsional yang disebut lobus melaluipembagian yang disebut celah interlobar. Paru-paru kanan terdiri dari tiga lobus : lobus superior, lobus tengah dan lobus inferior.
Paru-paru kiri sedikit lebih kecil dari kanan dan dibagi menjadi dua lobus oleh fizura oblikus. Sedemikian partisi antara lobus memberikan perlindungan dari kerusakan mekanis dan juga mencegah penyebaran infeksi. Jika salah satu lobus atau sebagian darinya rusak, terinfeksi atau fungsnya terganggu maka dapat terus berfungsi  secara normal.

Bronkus
Trakea atau batang tenggorokan adalah struktur utama yang menghubungkan rongga hidung dan mulut ke paru-paru. Trakea bifurkasio menjadi cabang utama yang disebut bronkus, yang masuk ke dalam kdua paru-paru. Bronkus bagian kanan lebih lebar daripada bronkus bagian kiri. Bronkus kanan bercabang menjadi tiga bronkus sekunder, sedangkan bronkus kiri bercabang menjadi dua bronkus sekunder. Bronkus terbuat dari tulang rawan hialin dan otot polos. Seiring dengan percabangan, isi tulang rawan hialin menurun, pengurangan tak ada di bronkiolus, sedangkan peningkatan otot polos.

Alveoli
Bronkiolus bagian ujung menjadi kantung-kantung kecil yang disebut alveoli. Alveoli merupakan alat untuk pertukaran gas antara paru-paru dan darah. Alveoli yang berdinding tpis, kantung tiup yang diatur dalam cluster. Dinding alveoli terdiri dari :
1. Sel alveolar tipe I yang membentuk daras struktural.
2. Sel alveolar tipe II yang mengeluarkan surfaktar, yang mengurangi tegangan permukaan pada antar muka udara dan air.
Selain itu, sel-sel kekebalan yang disebut makrofag juga hadir dalam alveoli untuk menelan dan menghancurkan patogen dan sampah asing. Setiap alveolus dikelilingi oleh jaringan kapilr yang mengangkut darah ke alveoli, untuk oksigenasi.

Diafragma
Diafragma adalah otot yang ditmukan dibawah paru-paru. Selama inspirasi ( pernapasan ) kontraksi diafragma yang memungkinkan rongga dada untuk memperluas paru-paru yang akan diisi dengan udara. Otot antar tulang rusuk dikenal dengan otot interkostalis. Mereka bekerja bersama dengan diafragma untuk melebarkan tulang tusuk dari rongga dada sehingga paru-paru diisi dengan udara. Otot perut juga membantu dalam fungsi paru-paru. Ketika seseorang bernapas akibat aktivitas fisik otot menekan perut terhadap diafragma untuk meningkatkan kecepatan pernapasan. Paru-paru juga tergantung pada otot-otot yang ada di wilayah leher dan tulang selangka.

Struktur dari paru-paru sangat berperan penting dari bekerjanya organ paru-paru. Satu demi satu setiap struktur dari paru-paru saling berkaitan dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

Baca juga artikel menarik kami yang lainnya di Mengenal Penyakit TBC Paru Paru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *