Mengenal Penyakit TBC Paru-Paru

Selain Flek Paru Paru, penyakit yang dapat menyerang pada organ paru-paru adalah TBC. Penyakit TBC adalah penyakit yang umumnya menular dan banyak kasus yang bersifat mematikan. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh strain mikobakteria, yang umumnya Mycobacterium tuberculosis. Bakteri Tuberculosis biasanya menyerang paru-paru, namun juga bisa berdampak pada bagian tubuh yang lainnya. Tuberculosis dapat menyebar melalui udara ketika seseorang dengan infeksi TB aktif batuk, bersin atau menyebarkan butiran ludah mereka melalui udara. Seranganinfeksi yang terjadi biasanya sering memunculkan suatu gejala yang khas atau juga tidak dan biasanya indikasi yang muncul hanya berupa batuk yang ringan dan hal ini baiasanya sering dilupakan sehingga diremehkan begitu saja. Bakter Tuberculosis daat menyebabkan jaringan paru-paru menjadi rusak sehingga akan memunculkan suatu tanda-tand dan gejala yang sangat khas disaat penyakit sudah mulai parah.

Gejala Penyakit TBC
Gejala yang ditimbulkan penyakit TBC pada paru-paru adalah :
1. Disaat penderita sedang batuk atau berdahak, biasanya akan ada darah keluar.
2. Penderita mengalami nafsu makan berkurang sehingga sering terjadi penurunan berat badan.
3. Penderita mengalami demam atau panas dingin serta badan berkeringat dalam sebulan lebih.
4. Penderita akan berkeringat di malam hari namun tana ada penyebab yang jelas.
5. enderita akan merasakan tubuhnya menjadi lemah dan lesu.
6. Perubahan pada urin yang menjadi berwarna merah atau juga keruh. Gejala penyakit TBC yang ini akan muncul dalam kondisi yang selanjutnya.

Faktor Risiko Terkena Penyakit TBC
TBC dapat menyerang siapa saja, baik pria dan wanita, ataupun muda dan tua, semua dapat diserang dengan penyakit ini. TBC atau penyakit tuberkolusis biasanya mudah menyerang orang yang sedang mengalmi stress berat, ataupun orang yang daya tahan tubuhnya menurun. Berikut ini faktor risiko terjadinya TBC paru-paru yang sering terjadi :
Merokok
Merokok dapat meningkatkan risiko terjadinya dampak terkena kanker paru-paru. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan dampak terkena penyaki TBC 2,2 kali lebih besar daripada yang bukan perokok.

Kelembaban Udara
Kelembaban udara dalam keadaan yang terkena sinar matahari akan membuat bakteri penyebab TBC mati, namun akan hidup dalam waktu yang lam pada keadaan yang gelap dan lembab.

Usia
Dengan bertambahnya usia, tentunya akan diikuti dengan bertambah lemahnya daya tahan tubuh seseorang. Ini menjadi celah untuk penyakit ini menjakiti seseorang. Selain itu, kemampuan kuman TB ini aktif juga meningkat sesuai dengan bertambahnya usia. Insiden tertinggi Tuberkulosis paru biasanya mengenai usia dewasa. Di Indonesia diperkirakan 75% penderitanya adalah usia 15-50 tahun.

Tingkat Pendidikan
Pendidikan tentunya dapat berpengaruh terhadap bagaimana seseorang menjaga kesehatan dan gaya hidupnya. Seseorang yang memiliki tingkat pendidikan yang cukup tentunya akan mempunyai perilaku hidup yang bersih dan sehat.

Jenis Kelamin
Pada tahun 1996 jumlah penderita TB Paru laki-laki hampir dua kali lipat dibandingkan jumlah penderita TB Paru pada perempuan, yaitu 42,34% pada laki-laki dan 28,9 % pada perempuan. Ini terjadi karena faktor kebiasaan merokok yang lebih banyak dilakukan laki-laki daripada perempuan.

Status GIzi
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki status gizi kurang mempunyai risiko 3,7 kali untuk menderita TB Paru berat dibandingkan dengan orang yang status gizinya cukup atau lebih. Kekurangan gizi pada seseorang akan berpengaruh terhadap kekuatan daya tahan tubuh dan respon immunologik terhadap penyakit.

Itulah sekilas mengenai penyakit TBC paru-paru. Penyakit ini harus kita waspadai agar tidak menyerang kita. Menjaga kesehatan dapat membantu kita agar terhindar dari penyakit ini. Apabila anda sudah terkena penyakit paru-paru hendaklah berusaha mengobatinya, bisa ke dokter atau dengan mengonsumsi obat flek paru-paru  yang dapat membantu anda dalm mengobati penyakit pada paru-paru anda. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara Menjaga Kesehatan Paru Paru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *