Wapadai Penyakit Infeksi Paru Paru

Obat Flek Paru – Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas mengenai jenis-jenis dan penyebab penyakit pada paru-paru. Kali ini, yang akan dibahas adalah penyakit infeksi paru-paru atau disebut juga dengan Pneumonia.
Infeksi paru-paru atau Pneumonia ini merupakan peradangan pada peru-paru yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus maupun jamur.

Pada orang dewasa, penyebab yang sering terjadi karena bakteri, sepertii bakteri Streptococcus pneumoniae, Staphylococcus aureus, Legionella dan Hemophilus influenzae.

Penyebab yang paling umum dari infeksi paru-paru adalah bakteri Streptococcus pneumoniae. Pada bentuk akibat dari infeksi paru-paru ini, biasanya timbulnya menggigil, demam yang tiba-tiba dan produksi dari sputum yang berwarna karat.

Virus Penyebab Infeksi Paru Paru

  • Virus Parainfluenza
    Virus Parainfluenza ini dapat menyebabkan infeksi paru-paru berat pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuhnya terganggu.
  • Virus Influenza
    Virus influenza atau yang biasa disebut flu ini dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan. Infeksi dapat ditandai dengan gejala seperti sakit kepala, menggigil, dan batuk.
  • Virus Syncytia ( RSV )
    Virus Syncytia ini dapat dikaitkan dengan infeksi paru-paru pada bayi serta anak-anak. Virus ini bisa ditularkan pada orang lain melalui kontak atau inhalasi sekresi pernapasan, wabah yang umum disekolah-sekolah dan pusat -pusat penitipan anak. Hal ini juga dapat memengaruhi anak-anak dan orang dewasa sistem imunnya menjadi tertekan.

Waspadai Gejala Infeksi Paru Paru

Gejala awal infeksi paru-paru sangat mirip dengan flu. Hal ini disebabkan karena virus yang menyebabkan flu juga dapat menyebabkan peradangan pada saluran udara dan paru-paru. Jika tidak diobati, pilek atau flu dapat berkembang menjadi infeksi paru-paru atau  pneumonia. Infeksi saluran pernapasan yang ditandai dengan saluran udara meradang, dapat mengganggu perjalanan udara. Kantung udara di paru-paru juga bisa mendapatkan penuh dengan nanah atau cairan. Hal ini mempengaruhi pertukaran oksigen dari alveoli ke darah.

infeksi paru paruGejala-gejala yang dapat ditemukan pada penderita infeksi paru-paru yang sering terjadi adalah seperti batuk berdahak ( dahaknya seperti lendir kehijauan atau seperti nanah ), nyeri dada, demam, mengigil, sesak napas, mudah merasa lelah, sakit kepala, mual, muntah, merasa tidak enak badan, kekakuan sendi dan kekakuan otot.
Gejala yang lainnya yang mungkin juga dapat ditemukan seperti kulit lembab, batuk darah, cemas, stress, pernapasan yang cepat, tegang dan nyeri perut.

Hindari Penyebab Infeksi Paru Paru

Untuk dapat menghindari gangguan sakit infeksi paru-paru atau pneumonia ini, yang harus diperhatikan adalah hal-hal berikut:
Hindari debu yang sering terdapat pada debu kasur dan bantal kapuk, selimut, lantai, karpet gordin, perabot rumah. Sebaiknya laci atau rak dibersihkan dengan lap basah, gordin dan selimut dicuci setiap 2 minnggu, karpet, majalah, mainan, buku dan pakaian yang jarang dipakai diletakkan di luar kamar tidur, dan lantai di pel setiap hari. Hindarkan zat-zat yang mengiritasi seperti obat semprot rambut, minyak wangi, asap rokok, asap obat nyamuk, bau cat yang tajam, bau bahan kimia, udara yang tercemar, dan sebagainya.

Menjaga kesehatan tubuh juga sangatlah penting agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit. Memiliki pola hidup yang sehat akan sangat membantu kita dalam menjaga kesehatan. Hindari hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan tubuh kita sendiri khusunya pada organ paru-paru yang sangat penting untuk kita.

Paru-paru adalah organ yang harus kita jaga karena merupakan salah satu organ sisten pernapasan kita. Untuk itu, kita harus menjaganya dengan cara merawat dengan baik agar paru-paru kita dapat terhindar dari berbagai penyakit. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan kita senantisa diberikan kesehatan.

Baca juga : Bahaya Penyakit Paru Paru Basah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *