Mengenal Penyebab Penyakit Bronkitis dan Gejalanya

Bronkitis merupakan suatu peradangan pada cabang tenggorokan ( bronchus ) yang menyerang bagian dari organ pernaasan seperti paru-paru. Penyakit bronkitis memang sudah dialami sebagian masyarakat bahkan bisa dialami juga oleh kalangan anak-anak sampai orang dewasa sekali pun. Jenis penyakit ini terbagi menjadi 2 yakni bronkitis akut dan bronkitis kronis.  bronkitisUntuk bronkitis akut biasanya hanya terjadi beberapa hari saja, sedangkan untuk bronkitis kronis bisa terjadi sampai lebih dari 6 minggu. Jika anda sudah mengalami penyakit ini lebih dari 6 minggu sebaiknya harus segera melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang benar dan tepat dari ahlinya.

Penyakit ini biasanya bersifat ringan dan pada akhirnya akan sembuh dengan sempurna. Namun pada penderita yang memiliki penyakit menahun  misalnya penyakit paru-paru atau penyakit jantung dan pada usia lanjut, bronkitis dapat bersifat serius. Anda harus mengenali penyakit ini sejak dini agar bronkitis yang anda derita dapat segera diatasi sebelum menjadi kronis.

Penyakit bronkitis yang sudah kronis tentunya akan membahyakan bagi kesehatan tubuh anda. Anda juga harus membiasakan memiliki pola hidup yang sehat agar anda dapat terhindar dari berbagai penyakit seperti bronkitis ini.

Penyebab Penyakit Bronkitis

Penyebab penyakit bronkitis biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat. Sehingga sistem imun dalam tubuh tidak terlalu bagus dan ketika virus masuk, imun tidak dapat menghdapinya.

Pada umumnya bronkitis disebabkan oleh virus. Virus bisa terhirup saat tertahan di udara, virus ini terkandung dalam jutaan tetes yang keluar dari hidung atau mulut saat kita batuk atau bersin. Virus yang menyebabkan bronkitis adalah Mycoplasama pneumoniae dan Chlamydia, ini merupakan baktei dan organisme yang menyerupai bakteri. Serangan bronkitis bisa terjadi berulang pada perokok dan penderita penyakit paru-paru serta saluran pernasan yang menahun. Serangan infeksi berulang dapat terjadi karena akibat dari :

1. Sinusitis kronis.
2. Bronkiektasis.
3. Alergi.
4. Pembesaran amandel dan adenoid pada anak-anak.
Selain itu penyebab bronkitis juga dapat terjadi karena iritasi, diantaranya :
1. Iritasi karena berbagai jenis debu.
2. Asap dari asam kuat, amonia, beberapa pelarut organik, hidrogen, klorin, bromin dan sulfida.
3. Polusi udara yang menyebabkan iritasi ozon dan nitrogen dioksida.
4. Tembakau dan rokok lainnya.

Gejala Penyakit Bronkitis

Penyakit bronkitis biasanya menimbulkan gejala yang hampir sama dengan gejala penyakit pernapasan. Penyakit ini bisa disebabkan oleh bakteri dan virus. Gejala yang ditimbulkan tentunya akan membuat anda merasa tidak nyaman, sakit dan anda akan menjadi malas untuk melakukan aktivitas. Gejala-gejala dari penyakit bronkitis diantaranya :

1. Batuk
Gejala ini sering terjadi pada penderita penyakit bronkitis. Batuk yang berdahak akan membuat anda tidak nyaman bahkan batuk tersebut dapat menimbulkan sakit pada tenggorokan anda,
2. Demam
Penderita bronkitis akan mengalami demam yang ringan dan penderita masih dapat beraktivita seperti biasa.
3. Bengkak pada kaki
Gejala ini timbul dengan adanya pembengkakan pada bagian kaki dan tungkak kaki kiri dan kanan. Jika anda mengalami pembengkakan seperti ini, sebaiknya anda harus melakukan pemeriksaa ke dokter.
4. Cepat merasa lelah
Saat melakukan beberapa aktivitas fisik, penderita bronkitis akan cepat merasa lelah bahkan akan sepertii orang yang asma.
5. Hidung tersumbat
Gejala ini sering dialami oleh penderita bronkitis. Hidung yang tersumbat akan membuat seseorang merasa tidak nyaman aalagi jika ditambah dengan napas yang tersendak sendak.

Untuk anda yang mengalami gejala-gejala seperti diatas, sebaiknya lakukan segera pemeriksaan dan minum obat paru-paru agar penyakit anda akan lebih cepat untuk ditangani sebelum bertambah parah. Agar dapat menghindari Penyakit Bronkitis sebaiknya membiasakan diri kita untuk melaksanakan pola hidup sehat. Sehingga selain lebih sehat, berbagai penyakitpun tidak akan menghampiri. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Baca juga artikel : Penyebab dan Gejala Sesak Napas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *