Penyebab dan Gejala Sesak Napas

Obat Flek Paru Paru – Sesak napas atau dalam bahasa medis disebut dengan Dyspnea adalah penyakit adanya gangguan pada organ paru-paru. Sesak napas merupakan penyakit gangguan pernapasan yang sudah dikenal sejak lama oleh mayarakat umum di Indonesia yang hingga saat ini semakin bertambah penderitanya.

Kasus sesak napas kebanyakan disebabkan oleh faktor genetik yang dibawa oleh salah satu anggota keluarga. Tak sedikit orang yang meninggal karena akibat dari penyakit ini.Seperti yang kita lihat, banyak enderita sesak napas yang menggunakan alat bantu pernapasan sebagai upaya pencegahan ketika sesak napas muncul secara tiba-tiba mekipun tubuh dalam keadaan sedang rileks.

Penyebab dan Gejala Sesak Napas

Penyebab dan Gejala Sesak Napas

Penyebab Sesak Napas

Penyebab dari sesak napas ada berbagai macam, antara lain :

1. Sesak Napas karena faktor Keturunan
Penderita sesak napas memiliki paru-paru dan organ pernapasan lainnya yang lemah. Kelelahan bekerja dan gelisah menyebabkan bagian-bagian tubuh akan memulai fungsi tidak normal.

2. Sesak Napas karena faktor Lingkungan
Udara lembab dan dingin dapat menyebabkan sesak napas. Demikian pula dengan serbuk sari bunga ( pollen 0 dan partikel lain. Bekerja di lingkungan yang berdebu atau berasap dapat memicu sesak napas berkepanjangan. Polusi pada saluran hidung disebabkan pula oleh rokok yang dengan langsung dapat mengurangi suplai oksigen.

3. Sesak Napas karena Kurangnya Cairan
Kekurangan cairan dapat menyebabkan lendir ada paru-paru dan saluran napas menjadi mengental. Kondisi ini dapat menjadi situasi yang menyenangkan bagi mikroba untuk berkembang biak.

4. Sesak Napas karena Ketidakstabilan Emosi
Orang-orang yang gelisah, depresi, ketakutan dan rendah diri cenderung sering menahan napas, atau justru sering menarik napas terlalu sering dan dangkal sehingga terengah-engah. Kebiasaan ini dalam waktu yang lama akan berpengaruh terhadap produksi kelenjar adrenal dan hormon, yang berkaitan langsung dengan sistem pertahanan tubuh. Pengetahuan akan cara bernapas yang baik dan benar akan dapat bermanfaat dalam jangka panjang, baik terhadap fisik maupun emosi seseorang.

Gejala Sesak Napas

Adapun gejala umum dari sesak napas diantaranya :

1. Rasa nyeri dibagian dada ( Angina )
Penderita sesak napas seringkali mengalami rasa nyeri dibagian dada pada saat mengambil maupun menghela napas. Keadaan ini membuat penderita sesak napas tidak dapat melakukan pekerjaan yang berat atau yang banyak menghabiskan tenaga.

2. Cepat merasa lelah
Tanda umum dan ciri khas dari penderita sesak napas adalah merasa cepat lelah. Ketika telah selesai melakukan suatu pekerjaan yang banyak meghabiskan tenaga, napas penderita umumnya terdengar terengah-engah seperti orang yang habis berlari.

3. Terhentinya napas sesaat ketika tidur
Penderita sesak napas hendaknya menggunakan dua bantal untuk menyangga kepala agar lebih tinggi. Jika penderita tidur hanya dengan satu bantal dan tidak memiliki massa yang cukup baik untuk menyangga kepala, maka penderita akan merasakan kesulitan ketika menarik napas bahkan terkadan napas dapat terhenti beberapa saat.

4. Sering mengalami batuk
Batuk diperlukan untuk salah satu cara agar melegakan aliran udara yang tersedak didalam tenggorokan dan mengeluarkan lendir yang menyumbat penyebab sulitnya aliran udara dan oksigen masuk ke paru-paru.
Dalam keadaan kronis, penderita sesak napas sering mengalami batuk kering hingga batuk darah. Akibat dari bakteri penyebab sesak napas yang merambat hingga ke paru menyebabkan aliran udara dan oksigen tidak masuk secara optimal ke dalam tubuh. Untuk dapat melegakan napas, penderita harus mengeluarkan batuk.

5. Gangguan irama jantung
Sesak naas memang memiliki kaitan dengan penyakit jantung. Penderita sesak napas dan penyakit jantung sering kali mengalami gangguan pada irama jantung. Terkadang, tanpa disadari jantung dapat berpacu dengan cepat.

Kunjungi artikel yang lainnya di Jenis dan Penyebab Penyakit pada Paru Paru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *