Gejala dan Penyebab Penyakit Flek Paru-Paru

Gejala dan Penyebab Penyakit Flek paru-paru atau sering disebut dengan tuberkulosis ( TBC ) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang dapat merusak paru-paru dan bisa menyerang bagian tubuh yang lain. Penyakit flek paru-paru dapat menyerang siapa saja namun masih bisa untuk diobati. Jika flek paru-paru dibiarkan maka akan mengakibatkan efek yang sangat fatal. Sehingga jangan menganggap sepele flek paru-paru.

PENYEBAB FLEK PARU-PARU
flek paru-paruSecara umun penyebab flek paru-paru terjadi karena serangan infeksi dari bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menjadi faktor utama penyebab flek paru-paru. Bakteri ini sering menyerang saluran pernafasan terutama bagian paru-paru. Selain itu merokok juga dapat menjadi penyebab dari flek paru-paru. Flek paru-paru selain menyerang organ paru-paru juga dapat menyerang bagian tubuh lain seperti bagian otot, sendi, saluran kencing, tulang juga sistem saraf pusat. Jika bakteri Mycobacterium tuberculosis menyerang ke bagian ginjal maka akan dapat mengakibatkan kencing darah.

PENULARAN FLEK PARU-PARU

Penularan flek paru-paru sering terjadi di lingkungan keluarga, sekolah dan ruangan yang dipadati oleh manusia seperti pabrik, melalui udara jika orang yang terkena penyakit ini, meludah, bersin, batuk dll. Terjadinya kontak langsung dengan penderita dapat mengakibatkan penularan flek paru-paru.
Anak-anak terutama bayi sangat mudah tertular penyakit ini.Daya tahan tubuh seseorang sangat berpengaruh terhadap penyakit flek paru-paru ini. Tidak semua yang terserang bakteri Mycobacterium tubrculosis menjadi sakit, namun tergantung dengan keadaan kuat tidaknya daya tahan tubuh masing-masing.
Sistem kekebalan tubuh yang ada didalam tubuh manusia dapat bermanfaat dalam menjaga tubuh dari serangan bakteri penyebab flek paru-paru, seperti sel darah putih ( makrofak ) dapat dihasilkan untuk dapat membantu dalam melawan infeksi serangan bakteri dan bisa membusukannya.

GEJALA FLEK PARU-PARU

Tanda-tanda gejala awal dari flek paru-paru diantaranya :
1. Batuk yang tak berhenti selama 3 minggu lebih dan lama kelamaan bertambah parah kemudian menggelarkan lendir berwarna kuning hijau yang kental serta terdapat bintik-bintik berdarah.
2. Merasa cepat lelah bila beraktivitas.
3. Nafsu makan berkurang.
4. Berat badan menyusut sehingga tubuh menjadi kurus.
5. Diare berkepanjangan yang susah untuk disembuhkan.
6. Sakit dibagian dada dan demam tinggi dalam jangka waktu yang lama.
7. Berkeringat berlebihan pada malam hari.
8. Teraba kelenjar getah bening di sekitar leher.

RESIKO FLEK PARU-PARU

Selain terjadi pada orang dewasa terutama yang sering merokok, flek paru-paru juga dapat terjadi pada anak-anak terutama yang masih bayi. Secara umun penyebab flek paru-paru terjadi karena serangan infeksi dari bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menjadi faktor utama penyebab flek paru-paru. Bakteri ini sering menyerang saluran pernafasan terutama bagian paru-paru. Penyakit flek paru-paru selain menyerang organ paru-paru juga dapat menyerang bagian tubuh lain seperti bagian otot, sendi, saluran kencing, tulang juga sistem saraf pusat. Jika bakteri ini menyeerang ke bagian ginjal maka aka dapat mengakibatkan kencing darah.

PENCEGAHAN FLEK PARU-PARU

Agar terhindar dari flek paru-paru kita dapat mencegahnya dengan cara menjaga kebersihan dilingkungan rumah dan sekitarnya agar dapat mencegah penularan di anggota keluarga. Alat-alat makanan dan pakaian juga harus dicuci tersendiri. Menjemur tempat tidur, bantal, guling sangat baik dipagi hari. Selain itu mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan karbohidrat juga dapat mencegah anda dari penyakit flek paru-paru.Pencegahan flek paru-paru juga dapat dengan menghindari polusi udara, misalnya dari kendaraan bermotor. Dan untuk mencegah flek paru-paru pada anak dapat dengan cara melakukan vaksinasi sejak bayi. Jika vaksinasi dilakukan pada usia 2-3 bulan, harus dilakukan test Mantoux. Test ini merupakan tes yang dilakukan dengan menyuntikkan tuberkuloprotein ke dalam kulit dibagian lengan bawah untuk mengetahui terinfeksi atau tidaknya anak oleh bakteri penyebab flek paru-paru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *